makalah VNC (Remot Dekstop)


VNC (Virtual Network Computing)
    Pengertian VNC
VNC adalah kependekan dari Virtual Network Computing.Sedangkan VNC adalah sebuah software remote control, dimana dengan melalui software ini suatu komputer dapat melakukan akses untuk bekerja di suatu komputer lain yang terhubung dengan jaringan. Hal ini dapat dilakukan baik dalam lingkungan LAN (Local Area Network) yang relatif berjarak dekat sampai dalam jaringan internet yang dapat berjarak ribuan kilometer.

    Karakteristik VNC Remote Dekstop
            Karekteristik yang merupakankeunggulandari software VNC dibanding software-softwarejenislainnyaadalah :
1.      Multi platform. Software VNC
            Ini dapat digunakan dengan baik di lingkungan Windows, Linux, Beos, Macintosh, Unix dll. bahkan penggunaannya juga dapat dilakukan secara lintas platform. VNC client & VCN server dapat saling diakses misalnya dari sistem Windows ke sistem Linux, maupun dari sistem Linux ke sistem Windows.
2.      Client-server.
            Software terdiri dari aplikasi server dan client yang harus diinstall di kedua sisi.Bagi orang-orang tertentu hal ini mungkin menjadi rumit, tapi berarti melindungi privasi komputer yang menggunakan VNC.
3.       HTTP support.
            VNC dapat diakses menggunakan default port 5900 atau 5901 untuk TCP maupun port 5800 atau 5801 untuk HTTP. Jadi sebuah VNC server juga dapat diakses oleh VNC client menggunakan sebuah browser seperti Mozilla Firefox, Opera, dan Internet Explorer dengan menggunakan Java Aplet.
4.      TransparanVNC.
            Transparan VNC adalah sebuah program yang sopan, tidak seperti beberapa software remote desktop lain yang menyembunyikan keberadaan dirinya dari user awam sehingga dapat dikategorikan sebagai sebuah software yang akan dideteksi oleh software antivirus.
5.       Across internet.
            VNC dapat digunakan across internet.Cukup mengetahui nomor IP Address dan password VNC tujuan, kita dapat memperlakukannya menjadi program semacam PCAnywhere untuk mengontrol komputer dari jarak jauh melalui jaringan dalam suatu internet.
6.      Open Source.
            VNC bersifat Open Source dengan lisensi GPL (General Publik License).Dengan sifatnya ini, kita bisa dengan leluasa menggunakan dan mendistribusikannya, meski tentu saja harus mengikuti sifat lisensi open source-nya. VNC telah disediakan secara gratis sejak tahun 1988.

   Sistem VNC
Dalam komputasi, Virtual Network Computing (VNC) merupakan metode berbagi grafis desktop menggunakan protocol RFB untuk control jarak jauh komputer lain. VNC mentransmisikan event dari keyboard dan mouse dari satu.
Sistem VNC terdiridari 3, yaituclient, server, dankomunikasiprotokol:
a.       VNC Server
Program yang dijalankandikomputer target
b.      VNC Client
MerupakanViewer, program inidijalankan di computer server/ admin
c.       VNC Protokol (RFB)
Merupakanprotokol yang dipakaioleh VNC, Remote Frame Buffer mengirimkancapture image berdasarkandata pixel posisi X dan Y grafis. Serta mengirimkanevent danmessage keViewer
  
 Cara Instalasi      
Langkah-langkah Install VNC adalah :
  1. Download VNC dari website itu computer ataubisacari di googling.
  2. Klik file install VNC(cumasatu file)
  3. Pilih directory install terusNext
  4. Pilih VNC SERVER atau Viewer kalau Viewer artinyakamudapatmelakukan remote kejaringankalau server artinyaadasiapmelayanikoneksiuntuk di remote terserahpilih yang mana. 
  5. Berikan password untuk computer kamu, bila orang lain akanmeremote computer tentuharusmengetahui password terlebihdahulu.

Dalam pembahasan kali ini, aplikasi pelayanannya adalah Droid VNC, dan aplikasi Clientnya  bisa VNC Client, atau bias memakai browser web.
Langsungsaja, berikutpersyaratannya :
v  Ponselsudah di root
v  Sudahterinstal Barnacle Wifi Tether (Aplikasiaksespoin)

v  InstallAndroid VNC Server (Aplikasi server VNC) 

  Kelemahan VNC Remote Dekstop
Salah satu kelemahanVNC adalah jika pada computer server user yang aktif adalah user root maka client yang melakukan remote login akan masuk juga sebagai root sehingga bisa mengakses file-file system yang ada di computer server. Seperti mengganti atau mengubah password user lain. Untuk menjaga keamanan computer server sebaiknya kita tidak login di server sebagai root karena akan membahayakan computer server. Jika pada server user aktif adalah user root maka client yang melakukan remote login akan masuk juga sebagai root sehingga bias mangakses file-file system, misalnya mengubah password user.

Kelebihan VNC Remote Dekstop

1.      Dapat melakukan sebuah pekerjaan dari jarak jauh, tanpa harus berada didepan peralatan yang ingin dikerjakan. Begitu juga dengan computer kita dapat melakukan remote computer dari jauh computer yang kita miliki. Penggunaan remote computer ini banyak digunakan pada jaringan LAN di perkantoran.
2.      Remote computer ini dapat memudahkan kita melakukan konfigurasi ataupun menyelesaikan pekerjaan seperti layaknya kita berada langsungdi depan computer tanpa harus langsung dating kecomputer tersebut. Karena tampilan yang munculdidepanlayarmiripdenganaslinya (GUI).






DAFTAR PUSTAKA

http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/10/pemakaian-vnc-viewer/Diunduh padatanggal 5 Desember 2011 jam 18.15

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Izin Copas....

Posting Komentar